Tren “Gak Bisa Yura” Viral di Media Sosial, Apa Maksudnya? - ALONGWALKER (2024)

Tren “Gak Bisa Yura” Viral di Media Sosial, Apa Maksudnya? - ALONGWALKER (1)

Ada banyak tren yang terjadi di media sosial (medsos) dan banyak diikuti warganet. Salah satunya seperti tren “gak bisa yura” yang beberapa waktu belakangan ini viral di medsos. Tren ini tengah ramai di medsos seperti X (dulu Twitter) dan TikTok.

Saking ramainya, sebagian besar dari Anda mungkin belakangan ini jadi sering melihat tren gak bisa yura muncul di linimasa medsos. Di medsos, tren gak bisa yura bisa muncul dalam berbagai bentuk, seperti video, meme, atau cuitan.

Tren “gak bisa yura” di medsos

Meski dibuat dalam berbagai bentuk, tren gak bisa yura di medsos memiliki format yang sama. Istilah “gak bisa yura” selalu dipakai menjadi pembuka kalimat dalam konten-konten di tren gak bisa yura.

Setelah itu, pengguna yang membuat konten tren gak bisa yura bakal melanjutkannya dengan menyatakan sesuatu hal yang cukup menyedihkan, tetapi kadang lucu. Salah satu contoh bentuk tren ini bisa dilihat lewat cuitan dari pengguna dengan handle @ng3betlari di X.

Dalam cuitannya, pengguna tersebut menyantumkan istilah “gak bisa yura”, lalu menceritakan mantan kekasihnya yang kini telah melanjutkan kehidupan dengan orang lain.

gak bisa yura doi dah nikah sekarang dan keluarganya sudah bahagia banget!!! dan anak pertamanya di kasih namaku ???????????????? https://t.co/PzgiMYBHYa

— tukang berendam (@ng3betlari) August 5, 2024

Di TikTok, konten gak bisa yura juga memiliki format yang hampir mirip. Jadi, pengguna bakal memakai istilah “gak bisa yura”, lalu dilanjutkan dengan menceritakan kisah yang cukup menyedihkan.

Kemudian, jika di TikTok, selain ada kalimat tersebut, konten video gak bisa yura yang dibuat pengguna selalu diiringi dengan musik latar dari lagu “Risalah Hati” milik Dewa 19 yang dinyanyikan oleh Yura Yunita.

Salah satu contoh tren gak bisa yura yang viral di TikTok dengan format seperti itu bisa dilihat lewat video dari pengguna dengan handle @muhammad_idriss31, sebagaimana tertera di bawah ini.

@muhammad_idriss31 #galaubrutal #xyzbca #fyp ? suara asli – _Lirikmusic – _lirikmusicid

Dalam video itu, pengguna juga memakai istilah “gak bisa yura” untuk membuka kalimat, lalu menceritakan kisah sedih dan diiringi dengan lagu “Risalah Hati” yang dinyanyikan Yura Yunita.

Selain contoh-contoh di atas, masih bisa ditemui banyak lagi konten tren gak bisa yura yang menggunakan format serupa.

Dari keramaian ini, lantas apa maksud dari gak bisa yura yang viral di medsos? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai arti gak bisa yura dan asal usulnya, sehingga bisa viral di medsos.

Apa maksud dari gak bisa yura?

Jika dilihat dari format-format penggunaannya di medsos, arti gak bisa yura adalah sebuah ungkapan untuk menceritakan kegalauan seseorang dalam hubungan percintaan.

Istilah yang tengah tren itu juga dipakai untuk menyampaikan ketidakmampuan seseorang dalam menggapai atau mempertahankan kisah cintanya.

Oleh karena itu, tak sedikit pengguna yang memakai istilah gak bisa yura untuk menyampaikan kisah soal percintaannya, yang menyedihkan atau mengenaskan, tetapi kadang terdengar lucu.

Selain soal cinta, istilah gak bisa yura juga tak jarang dipakai untuk menceritakan kegagalan-kegagalan di masalah lain, seperti pekerjaan, pertemanan, dan sebagainya.

Adanya ruang untuk berbagi kisah kegagalan yang unik lewat istilah gak bisa yura itulah yang memancing banyak warganet buat ikut tren ini, sehingga bisa viral di medsos.

Tidak diketahui secara pasti siapa yang pertama kali membuat viral tren gak bisa yura di medsos. Akan tetapi, tren ini sejatinya bermula dari musik yang kerap dipakai dalam video gak bisa yura, yakni lagu “Risalah Hati” milik Dewa 19.

Lagu dari band kenamaan di Tanah Air itu sebenarnya telah dirilis pada 2000 dan menjadi bagian dalam album “Bintang Lima”. Kemudian, pada 2021, lagu “Risalah Hati” dinyanyikan ulang oleh penyanyi Yura Yunita.

Tren gak bisa yura merujuk pada salah satu lirik lagu tersebut. Jadi, di lagu “Risalah Hati”, terdapat lirik seperti ini, “Aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta”. Lirik ini mengandung optimisme buat menggapai sesuatu, khususnya soal cinta.

Namun, bukannya malah bisa menggapai sesuatu yang sulit, para warganet justru merespons lirik dari lagu yang dinyanyikan ulang Yura Yunita itu dengan kreatif dan lucu, yakni menceritakan kisah sebaliknya yang berisi kegagalan atau ketidakmampuan.

Alhasil, respons itu beresonansi dan membuat istilah “gak bisa yura” menjadi viral di medsos. Yura Yunita, penyanyi yang namanya tersebut pun sempat memberikan tanggapan pada tren ini.

Di akun Instagram resminya, Yura bertanya ke warganet kenapa banyak yang mengungkapkan “gak bisa Yura”. Dia melihat lagu “Risalah Hati” dari Dewa 19 yang dinyanyikannya banyak mewakili perasaan warganet.

“Kamu bilang “Ga bisa, Yura”. Kenapa ga bisa?”, tulis Yura lewat akun Instagramnya, Kamis (8/8/2024).

“Lagu Risalah Hati kolaborasi aku dan Dewa19 ternyata banyak mewakili perasaan hati teman-teman yaa. Terima kasih karena sudah meluapkan perasaanmu lewat lagu ini,” imbuhnya.

Tren “Gak Bisa Yura” Viral di Media Sosial, Apa Maksudnya? - ALONGWALKER (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Jerrold Considine

Last Updated:

Views: 6218

Rating: 4.8 / 5 (78 voted)

Reviews: 85% of readers found this page helpful

Author information

Name: Jerrold Considine

Birthday: 1993-11-03

Address: Suite 447 3463 Marybelle Circles, New Marlin, AL 20765

Phone: +5816749283868

Job: Sales Executive

Hobby: Air sports, Sand art, Electronics, LARPing, Baseball, Book restoration, Puzzles

Introduction: My name is Jerrold Considine, I am a combative, cheerful, encouraging, happy, enthusiastic, funny, kind person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.